Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Miliki Konsumsi Daging yang Tinggi, Begini Revolusi Daging di Tiongkok

Selebintang.com - China terkenal memiliki persentase pemakan daging yang tinggi, konsumsi dagini ini juga melambangkan kekayaan. Bisa mema...



Selebintang.com - China terkenal memiliki persentase pemakan daging yang tinggi, konsumsi dagini ini juga melambangkan kekayaan. Bisa memakan daging babi setiap harinya merupakan tanda kemewahan. Namun, masalah kesehatan yang terjadi dan emisi karbon membuat sebagian orang mulai menjauh dari mentalitas ini dan revolusi daging vegan mulai tumbuh.

Saat ini, China masih mengonsumsi 50 persen dari semua daging babi dunia dan 28 persen dari semua daging, dengan nilai pasar daging sebesar $86 miliar. Pengganti daging nabati memang lambat tetapi dapat memberikan tempat tersendiri untuk generasi baru konsumen yang khawatir dengan krisis pangan seperti flu babi Afrika dan virus corona.

Menyusuri kota Hangzhou, disana terdapat salah satu makanan cepat saji, KFC yang mempromosikan chicken nugget vegan yakni Nugget yang tidak mengandung daging. Seorang pelajar dari Shanghai, bernama Yun Fanwei mengatakan bahwa ia membeli beberapa produk ‘daging palsu’ ini dan mereka tidak selalu memiliki rasa seperti daging, tetapi menurutnya itu adalah perubahan yang bagus.

“Saya membeli beberapa dari produk ‘daging palsu’ ini dan banyak diantaranya cukup enak. Mereka tidak selalu memiliki rasa seperti dagung, tetapi itu membuat perubahan yang bagus,” ungkap Yun Fanwei dalam laman intelligentliving.co.

Melansir intelligentliving.co, The Good Food Institute melaporkan bahwa pasar daging nabati China pada tahun 2018 diperkirakan mencapai 6,1 milia yuan dan diproyeksikan tumbuh antara 20 – 25 persen setiap tahunnya.

Perkiraan tersebut masuk akal mengingat kota-kota paling kosmopolitan di China kini menjadi rumah bagi komunitas yang berdedikasi pada gaya hidup bebas daging. VegeRadar telah mengumpulkan lokasi lengkap restoran vegan dan vegetarian di seluruh negeri.

Selain KFC, jaringan internasional besar lainnya yang menawarkan daging altenatif diantaranya ada Burger King yang memiliki Impossible Whopper dan Starbucks yang menyajikan Beyond Meat Salads, Wraps, dan Pasta Plates.

Membiasakan orang-orang dari konsumsi daging merupakan tantangan. Seorang pensiunan, Bai Gege, mengatakan bahwa ia pernah mencoba hidangan daging babi rebus vegetarian tetapi tidak sama dari sebelumnya.

Rata-rata warga China di tahun 1960-an hanya makan sekitar 5kg daging dalam setahun. Angka tersebut terus melonjak hingga 20kg pada akhir 1970-an dan pada 2015 meningkat hingga setiap orang mampu mengonsumsi 48kg daging dalam setahun.

Pada 2016, pemerintah China memutuskan untuk mengatur cara makan daging di Negara-nya yang merupakan bagian dari janjinya untuk menurunkan emisi karbon dan juga menetapkan rencana untuk memangkas setengah asupan daging. (Gambar: veganfoodandliving.com | Penulis: Mega)

 

Reponsive Ads