Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Mengenal Lebih Jauh Penanganan COVID-19 Pada Ibu Hamil

Selebintang.com -  COVID-19 masih terus membutuhkan penelitian untuk mengetahui dampak dari infeksi virus tersebut terutama pada ibu hamil...



Selebintang.comCOVID-19 masih terus membutuhkan penelitian untuk mengetahui dampak dari infeksi virus tersebut terutama pada ibu hamil.

Perubahan sistem imunitas pada ibu hamil menyebabkan mereka dapat mengalami dampak yang cukup parah karena beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk melakukan langkah pencegahan demi melindungi diri mereka dari COVID-19. Jika ada gejala yang timbul diharapkan untuk segera maelapor ke penyedia layanan kesehatan. World Health Organization (WHO) hingga kini terus mengkaji dan memperbarui informasi.

Melansir who.int, untuk dapat mencegah infeksi COVID-19, ibu hamil dapat melindungi diri dengan cara:

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih atau hand sanitizer,

2. Menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter, terutama dengan orang yang sedang batuk atau bersin,

3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut,

4. Jaga kebersihan pernapasan, tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan siku yang terlipat atau tissue dan segera buang tissue bekas pakai ke dalam tempat sampah tertutup.

Jika mengalami gejala demam, batuk, atau kesulitan segera mencari pertolongan medis dan hubungi fasilitas pelayanan kesehatan, kemudian ikuti arahan dinas kesehatan setempat. Untuk ibu hami dan melahirkan yang terjangkit COVID-19 harus menjalani perawatan rutin seperti biasanya.

WHO merekomendasikan bahwa ibu hamil dengan gejala COVID-19 harus diprioritaskan untuk pemeriksaan dan jika terjangkit COVID-19 kemungkinan mereka membutuhkan perawatan khusus. Hingga saat ini belum diketahui apakah ibu hamil yang terkena COVID-19 dapat menularkan virus ke janin selama kehamilan.

Jika seorang ibu hamil teridentifikasi COVID-19, tenaga kesehatan harus melakukan tindakan pencegahan yang tepat dengan menggunakan pakaian pelindung yang tepat untuk mengurangi risiko infeksi bagi mereka dan orang lain.

Untuk ibu hamil yang terjangkit COVID-19 tetap dapat menyusui dengan menerapkan kebersihan pernapasan selama menyusui, mengenakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi, rutin mencuci dan membersihkan permukaan-permukaan yang disentuh.

Jika dalam kondisi yang sangat tidak memungkinkan untuk memberika ASI maka dapat memberikan ASI dengan cara lain yang memungkinkan seperti memerah ASI, relaktasi, dan donor ASI. (Gambar: unicef.org | penulis: Mega)

 

Reponsive Ads